Selasa, Oktober 28

Pengaruh Pemuda, Sumpah Pemuda

0 komentar

Sudah 86 tahun yang lalu sumpah pemuda dilaksanakan. Selama itu Indonesia telah melewati kondisi dan situasi yang tidak lepas dari pengaruh sumpah pemuda. Hari ini Indonesia mengalami beberapa kondisi yang akan berpengaruh pada pemudanya. Sebaliknya pemudanya pun akan sangat memengaruhi bangsa ini.

1. Bonus Demografi Keuntungan atau Kerugian?

Menurut data BPS 2013 Indonesia akan mengalamai bonus demografi dari tahun 2012-2035. Bonus demografi intinya sih jumlah penduduk usia produktifnya lebih banyak dari yang tidak. Siapa sih penduduk usia produktif? ya pemuda. Di Amerika dan Jepang orang yang berusia lanjut lebih banyak, sehingga ketergantungan mereka pada negara besar. Sedangkan usia produktif justru membangun negara. Maka dari itu seharusnya menjadi sebuah keuntungan untuk Indonesia.

Bonus demografi ini bisa jadi bencana demografi. Di kala usia produktif itu malah ndak produktif. Kerjaannya cuma gantungin ke orang tua, atau pemerintah ndak serius menangani bonus demografi ini. Padahal peran pemerintah sangat diperlukan. Bencana ini bisa lebih besar dari tsunami 2004, karena sangat menentukan nasib bangsa selanjutnya. Kamu mau jadi pemuda yang mana?

2. Bapak Jokowi Sudah Mencontohkan

Pada hari Senin kemarin (27/10) pelantikan menteri berlangsung. Berbeda dari tahun sebelumnya, pelantikan kali ini ndak ada yang memakai pakaian jas seperti pelantikan sebelum-sebelumnya. Usut punya usut, Bapak Presiden yang baru Jokowi, meminta menteri-menterinya untuk mengenkan batik. Bahkan saat bertugas nantinya. Ini adalah satu langkah Bapak Jokowi untuk mengajak rakyat Indonesia mencintai produk Indonesia. Tentu ini adalah salah satu hal yang ingin dicapai dari sumpah pemuda, mencintai bangsa sendiri.


Sumber: beritasatu.com










3. #SumpahPemuda

Hashtag ini ternyata jadi trending topic teratas di twitter. Pertahankan!




4. Makna Sumpah Pemuda

Makna sumpah ini bukan hanya tentang persatuan bangsa, tapi juga tentang bahasa persatuan. Coba bayangkan apabila Indonesia tidak melakukan sumpah pemuda. Tidak disumpah bahwa bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia. Mungkin negeri kita akan seperti negara India, Belgia dan Quebec, atau Filipina yang pernah terjadi konflik gara-gara ndak jelasnya bahasa nasional mereka. Kisah lengkap tentang konflik bahasa bisa dilihat disini . Maka dari itu Sumpah Pemuda adalah momen paling berpengaruh dalam persatuan bangsa Indonesia yang memiliki lebih dari 700 bahasa daerah.

5. Walaupun Ga Jadi Hari Libur

Sumpah Pemuda walaupun ga dijadikan tanggal merah, bukan berarti tidak melirik sama sekali. Justru ketika sedang berjuang, dan ingat Hari Sumpah Pemuda, berjuangnya jadi lebih semangat. Mengingat pada tanggal ini 86 tahun lalu pemuda sedang berjuang juga.


Jangan Lupa Teksnya Ya




















6. Terus Apa Yang Bisa Dilakukan Di Hari Ini?

Sumber: Detik.com






       
Sumber: Detik.com

Sumber: Kompas.com

Sumber: suarasurabaya.net

Sumber: Detik.com

Tuhkan, sekarang orang Indonesia kreatif banget merayakan hari ini, kalo kamu gimana?

7. Walaupun Kreatif, Jangan Lupa Makna Sebenarnya 

Persatuan dan kesatuan. Saling menghargai suku, budaya, agama, bahasa dan keragaman. Bukan hanya di tanggal 28 Oktober saja, tapi setiap hari makna ini harus terus dilakukan.

"Jangan Sekali-kali melupakan Sejarah" 

-Soekarno-