Senin, April 16

Sonlisku Sonliskami Sonliskita

0 komentar

Sonliskita
Sonic Linguistic merupakan acara insidental yang diadakan oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong. Selalu diadakan setiap tahun. Berawal dari gabungan tiga acara insidental yang dimiliki oleh OSIS MAN Insan Cendekia Serpong. Acara Sonic yang berlatar sains dan Linguistic yang berlatar bahasa dan Jurnalistik digabung, kemudian anak dari lomba basket axivic cup yaitu GRANAT yang memiliki baseket ditambah  lomba baris-berbaris ikut digabung. Sehingga Sonic Linguistic memiliki banyak lomba.
Dari tahun ke tahun Sonic Linguistic memiliki hal yang selalu berbeda. Hampir setiap tahunnya selalu ada lomba yang baru yang dimasukan ke dalam Sonic Linguistic, sehingga menambah ramailah acara ini. Walaupun lombanya selalu bertambah namun, panita acaranya tetap jumlahnya dari jumlah anak kelas satu dan dua MAN Insan Cendekia Serpong. Ini menunjukan bahwa setiap tahun kualitas siswa-siswi selalu lebih baik dari tahun ke tahun.

Sonic Linguistic 2012 diadakan pada tanggal 18, 19, 25 dan 26 februari 2012 mengusung tema Outer Space. Tema yang sangat berbeda dari tema Sonlis tahun sebelum-sebelumnya yang berlatar belakang penyelamatan bumi. Dari tema ini muncul banyak inovasi yang sangat berbeda dan sangat Kewren tentunya. Banyak peserta Sonlis 2012 yang pernah ikut sonlis sebelumnya berdecak kagum dengan  keadaan sonlis sekarang yang berbeda.

Sonlis 2012  memiliki 18 lomba yang diikuti peserta dari banyak daerah di Indonesia. Dari kedelapan belas itu dibagi menjadi empat kategori lomba. Yaitu sains, bahasa, jurnalistik, dan Seni budaya Olahraga. Untuk sains ada lomba Science Competition, Quick n’ Smart, Technology Wallmagz, dan LKIR (Karya Ilmiah Remaja). Untuk kategori bahasa ada Debate, Strory Telling, Speech Contest, dan News Report. Untuk jurnalistik ada JOTS (Journalist on the Spot), Rally Photo, Desain Grafis, dan Short Movie. Untuk Seni budaya dan Olahraga ada Basketball Competition, Band Competition, Saman Dance, Graffiti, dan LKBB (Baris-berbaris). Tahun ini Sonlis menambah empat lomba yang tahun sebelumnya tidak ada yaitu JOTS (Journalist on the Spot),Band Competition,LKBB (Baris-berbaris) dan Basketball Competition. Basket dan LKBB merupakan lomba dari acara GRANAT.
Setiap kategori memiliki icon atau badutnya masing-masing. Sains ada Fluks, bahasa ada Herbig, Jurnalistik ada Uhuru, dan Seni Budaya Olahraga ada Lynx. Keempat badut ini memeriahkan Jalannya Sonlis 2012.  Keempat badut itu merupakan icon sonlis 2012. Sonlis 2012 punya cerita tersendiri tentang keempat badut itu.

Hari-hari Sonic Linguistic 2012.
Semua telah disiapkan dengan perencanaan yang cukup matang. Semua bersiap-siap untuk hari pertama Sonic Linguistic 2012. Menghadapi pembukaan Sonlis 2012. Panitia sudah menyiapkan semuanya. Pendaftaran, dekorasi MPB (Multi Purpose Building; Gedung yang sebelumnya banyak jendela ini, dijadikan menjadi gedung yang super gelap dengan cara menutupi semua jendela itu dengan kain hitam yang disusun sehingga menjadi besar), kelas-kelas yang akan digunakan, lapangan, bazaar telah dibuat sedemikian rupa agar suasana dan feel Sonic Linguistic itu muncul di hati para pengunjung.

Pembukaan Opening pun dimulai. Di awali dengan tiga orang pria yang bermain basket disorot oleh lampu sorot kemudian dilanjutkan dengan demo lomba lainnya. Setelah demo, dilanjutkan dengan performance dan diakhiri oleh tiga orang pria lagi yang berjoget (modern dance atau freestyle atau apalah itu) yang membuat panitia di luar MPB “sepi” memenuhi dalam MPB untuk melihat mereka berjoget. Para pesertapun ikut terhibur oleh mereka.

Setelah Sonlis resmi dibuka, peserta dan panitia langsung pergi ke tempat masing-masing lomba yang diadakan pada hari itu. Di hari pertama tanggal 18 Februari ini diguyur hujan yang cukup deras sehingga cukup mengganggu kenyamanan. Hujan ini menyebabkan beberapa dekorasi di luar harus ditarik terlebih dahulu agar tidak rusak. Namun beberapa hampir rusak. Hujan juga menyebabkan beberapa pertandingan basket tertunda.

Sonlis hari pertama selesai. Satu langkah telah terlewati. Sonlis dilanjutkan pada hari selanjutnya. Di hari kedua ini, ada lomba yang melanjutkan perlombaannya dan ada juga yang baru menjalankan lombanya yang hanya satu hari. Lagi-lagi di hari kedua ini hujan kembali datang mengguyur kampus MAN Insan Cendekia serpong, beberapa lomba terganggu dengan kedatangannya ini seperti lomba basket yang harus mengundur jadwal pertandingan.

Hari kedua selesai dengan lebih baik secara umum dari hari sebelumnya karena telah dievaluasi dari hari pertama. Sonlis akan dilanjutkan pada tanggal 25 Februari 2012. Ada waktu satu minggu untuk panitia mengevaluasi dan satu minggu untuk peserta yang lombanya berkesinambungan untuk lebih mempersiapkan diri. Dalam deret satu minggu tersebut ternyata Sonlis 2012 masih melanjutkan pertandingan basket yang sempat tertunda dua kali karena hujan.

Hari ketiga dimulai. Lomba-lomba seperti biasa terus digulirkan. Antar sekolah terus berusaha mendapatkan gelar dari acara ini. Di hari ketiga rupanya hujan tidak turun membasahi kesibukan para participant Sonlis 2012. Hari ketiga cukup lancar.

Akhirnya hari keempat pun tiba. Semua lomba yang berkesinambungan telah mencapai tahap final. Beberapa lomba sudah ada hasil pemenangnya dan telah diumumkan. Di hari keempat ini akan diadakan final lomba dan pengumuman pemenang seluruh lomba Sonlis 2012. MPB kembali didekorasi setelah sebelumnya dilepas beberapa dekorasinya untuk mendukung beberapa lomba. MPB dan seluruh dekorasi seperti kembali di hari pertama. Penutupan berjalan dengan cukup lancar walaupun beberapa menit telat dari waktu yang telah direncanakan. Saat acara penutupan akan dimulai, datanglah hujan yang sangat deras dan berangin dilengkapi dengan gemuruh yang bergejolak. Saat hujan telah tiba, panitia dan peserta telah menyelesaikan semua lomba yang ada, sehingga tidak ada lomba yang terganggu oleh hujan. Namun hujan ini membuat beberapa tenda rubuh diterpa angin. Beberapa panitia pun sibuk untuk mengurusi hal diluar MPB. Acara Closing diakhiri oleh video closing dan pengumuman juara umum. Para peserta terlihat cukup puas dengan acara karya Insan MAN Insan Cendekia Serpong ini. Untuk Sonlis 2012 lebih baik dari sebelumnya dan penuh dengan kejutan. Sukses untuk sonliskita!!!.

Sonliskami
Peralihan masa jabatan telah digulirkan. Saatnya bagi kami menjalankan roda pemerintahan disini. Memegang acara-acara untuk mendukung aspirasi dan kemampuan siswa. Salah satu acara yang menjadi kewajiban kami adalah Sonic Linguistic. Tahun ini diketuai oleh Rizki Nurfitriansyah. Semenjak digulirkan amanah untuk memegang OSIS periode 2011/2012, para pengurus OSIS sudah membayang-bayang SONLIS tahun ini akan seperti apa. Sonlis tahun ini persiapannya cukup lambat, jika bercermin pada tahun lalu, kepanitiaan sonlis sudah terbentuk sebelum terciptanya OSIS, tahun ini setelah OSIS terbentuk baru ada panitia SONLIS 2012. Namun seberapa telat itu tidak berpengaruh pada hasil yang ada kelak.

Behind the Scene
BPH dibentuk, koordinator tiap divisi ditunjuk. Perekrutan panitia begitu alot. Setiap koordinator divisi mengharapkan si A dan si B menjadi anggotanya dan koordinator divisi lain mengharapkan juga. Namun, para koordinator bermufakat dan bermusyawarah yang menghasilkan hal yang tak dapat ditolak bagi yang tidak menyetujui.

Setelah panitia semua terbentuk, banyak diadakan rapat perdivisi maupun seluruh panitia. Menyusun peraturan, tugas-tugas, mengevaluasi tahun sebelumnya. Ketua SONLIS begitu mengumbar perkataannya agar para siswa dapat respect pada SONLIS 2012 ini. Perhelatan menemukan sponsor menjadi hal yang menyenangkan divisi humas. Pencarian peserta menjadi makanan sehari-hari para anggota publikasi. Konsep-konsep untuk pembukaan dan penutupan SONLIS yang berbeda menjadi PR para anggota OC section. Penampakan keindahan untuk latar tempat menjadi hal yang menyenangkan bagi anggota dekorasi. Membuat konsep lomba pencarian juri lomba menjadi hal yang selalu membayangi para seksi di setiap bidang lomba. Persiapan dari mulai konsum, tempat acara, parkir motor mobil sepeda, desain proposal spanduk, dokumentasi saat hari-H menjadi tugas masing-masing divisi non lomba. Penetapan icon SONLIS 2012, penghitungan uang, pembuatan pengarsipan surat-surat, pengawasan terhadap semua divisi menjadi sebuah kewajiban para BPH Sonic Linguistic 2012 selain publikasi dan humas. Dukungan menjadi hal yang sangat diharapkan dari siswa-siswi, guru dan seluruh civitas MAN Insan Cendekia Serpong. Partisipasi menjadi hal yang sangat ditunggu dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Seminggu sebelum pembukaan SONLIS merupakan hari-hari yang penuh dengan peluh di badan dan hati. Selama seminggu tersebut kami harus sudah mempersiapkan sonlis dengan matang. Mengecat lapangan basket, mendekor, latihan a dan b, hingga larut malam. Bahkan melebihi malam, pagi!!!. Kegigihan membuat video opening, memesan barang untuk keperluan seakan hanya hal yang mudah bagi kami, karena semua yang kami kerjakan bersama akan menjadi hal yang paling indah bagi kami. Semua waktu yang telah direlakan tak kami pedulikan tuk kembali. Semua dikorbankan dengan penuh keikhlasan demi berjalannya SONLIS 2012 yang lebih baik dan dapat membawa nama sekolah tercinta kami ke singgasana kebaikan umat manusia.

Air mata, emosi, cercaan, makian, senyuman, ketertawaan menjadi penghias perjalanan kami. Setiap tetesan keringat, bubuhan kata dan lainnya menjadi kekuatan tersendiri. Tak semua panitia bekerja mati-matian. Tapi semuanya bekerja hampir mati. Yang tadinya tak peduli pada SONLIS 2012 menjadi respect pada acara ini. Acungan empat jempol cukup untuk kerja keras kami.

SONLIS 2012 akan kami adakan selama 4 hari. Ketua OSIS berhasil membuat Wakamad memberikan izin libur untuk seluruh siswa di hari-H SONLIS 2012.

Hari H SONLIS 2012 merupakan hari yang sangat kami tungu-tunggu. Semua kerja keras kami akan tampak keberhasilannya atau kegagalannya pada hari-hari Sonic Linguitic 2012 ini. Di hari H ini kami tidak serta merta bersantai menikmati hasil kerja keras kami sebelumnya. Masih ada seribu langkah bagi kami untuk mencapai finish. Saat hari lomba tiba, kami telah menyiapkan dari kemarin. Telah siap ditempat pagi-pagi jam enam. Saat hari lomba kami  tersenyum menyembunyikan rasa lelah kami semalam. Melupakan semua kepedihan kerja keras untuk menunjukan manisnya wajah kami saat tersenyum pada para peserta. Hari pertama yang diguyur hujan menjadi hal yang cukup membuat kami mengeluh dan menyalahkan keadaan. Tapi tak berguna bagi kami jika terus menyalahkan keadaan. Semua tak akan berubah kecuali kamilah yang merubahnya sendiri. Hari pertama cukup baik dengan Openingnya yang sukses mebuat para penonton berdecak senang dengan konsep yang telah dibuat.

Hari kedua kami lebih buruk, jika kemarin jam enam sudah stand by kini belum. Kami lalai pada acara ini. Lupa jika hari ini masih ada acara, tengkurap di kasur asrama lebih enak dari duduk untuk menerima tamu. Namun, kami langsung bergegas atas keterlambatan kami yang hanya beberapa menit saja. Tidak menyebabkan kesalahan yang sangat fatal. Baru beberapa peserta saja yang menunggu kami tidak mencapai lima. Semua mewajarkan hal ini, karena kami terhipnotis rasa capek yang mengerubungi kami saat setelah salat subuh. Hari kedua cukup lancar,lomba-lomba yang kami adakan memang banyak menemui masalah yang tidak ada habisnya. Itu menjadi makanan pokok kami saat SONLIS 2012 berjalan. Setiap masalah kami coba menyelesaikan dengan perlahan dan penuh strategi. Kami yakin semua dapat terselesaikan. Hari kedua kembali hujan membuat pertandingan basket terus diundur. Namun secara umum hari ini lebih baik.

Hari kedua selesai, hari selanjutnya di tengah seminggu ada pertandingan basket yang tertunda. Antara sekolah kami dan sekolah lain. Kami kalah, dengan skor selisih satu angka. Mungkin itu yang terbaik.

Hari ketiga tanggal 25 Februari 2012 tak ada hujan semua lancar.
Hari keempat merupakan hari yang lebih kami tunggu-tunggu. Hari ini hari penyelesaian sebagian besar tugas kami sebagai penyelenggara acara SONLIS 2012. Seperti hari sebelumnya kami selalu mempersiapkan acara ini hingga larut malam hampir pagi. Hari keempat cukup lancar. Penutupan digulirkan pembagian hadiah dimulai. Semua senang. Ditengah-tengah acara hujan turun sangat lebat, sehingga membuat tenda roboh. Membuat beberapa dari kami harus turun hujan-hujan untuk menahannya agar tidak terbang. Ada diantara kami yang tidak menyaksiakan Closing. Tapi memang seharusnya kami tidak menyaksikannya. Karena Opening dan Closing ditujukan untuk peserta. Closing diakhiri oleh pengumuman juara umum. Setelah semua peserta keluar dari MPB, kepala sekolah memberikan ucapan selamat pada hasil usaha kami. Kami berfoto bersama. Saat setelah semua selesai, ada diantara kami berpelukan lama dan meneteskan air mata. Tertawa dan terdiam. Ada yang menggigil karena kehujanan. Ketua OSIS pun ikut kehujanan.

Hari keempat menjadi titik penghabisan bagi kami. Dekorasi banyak yang rusak diterpa hujan, lapangan berantakan, semua basah dan becek. Tapi semuanya indah.

 Selamat bagi kami, kami berharap SONLIS 2012 dapat memberikan kesan baik bagi peserta. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara kami. Guru-guru, Pembina dan semuanya. SONLIS bagi kami banyak salahnya namun kesalahan itu menjadi pelajaran bagi kami untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

Sonlisku
Akhirnya ada bagian buat gua bercerita tentang Sonlis yang gua alami. Acara ini Kereeennn banget dah.

Saat jadi panitia


Gue di Sonlis jadi event organizer ato EO Seni budaya dan olahraga. Icon gue si Lynx yang menurut gue paling keren dibanding yang lain. Soalnya dia punya banyak mata dan banyak tangan. Berkeahlian seni dan olahraga. Sebelum jadi EO gue sempet nolak soalnya ada beberapa hal yang ngebuat gua gak bisa. Tapi dengan ngeliat keadaan yang ada, akhirnya gue relain sebagian waktu gue untuk acara ini. Diawal gue gak semangat sama acara ini. Males buat ngawasin peringatin serta ngingetin dan ngobrol bareng koordinator di bawah gue. Yang pertama karena gue bingung apa yang harus gue lakuin pas jadi EO. Yang kedua tabiat males gue lagi kambuh. Yang ketiga gua merasa terasing di BPH sonic linguistic 2012. Ketiga hal itu yang buat gue gak respect diawal-awal.

Kalo gue ngeliat dari empat EO yang ada, guelah yang paling ganteng (iyalah, kan Cuma gua yang cowo) tapi paling ancur lombanya. Saat perpindahan semester gua mencoba berubah dan sadar akan pentingnya acara ini. Di semester dua gua mencoba lebih respect sama bawahan gua, lebih sering Tanya a daripada b ke si A, dan Tanya b daripada a ke si B.  Semua  hal menjadi lebih baik.

Lomba yang paling gua perhatiin yaitu basket. Karena terkadang lomba itu ngebutuhin gue (padahal ga ada gua, juga bisa terealisasi). Terus lomba ini yang sangat paling bekerja keras dibandingkan 17 lomba lain. Karena diadakan tiap hari di lapangan, panas-panasan. Ngepel lapangan habis hujan. Ngecat lapangan siang, sore, malem, pagi, karena ngecatnya ngedadak. Beli cat bulak balik ke toko yang cukup jauh harus naek kendaraan. Mahal pula catnya. Perubahan jadwal pertandingan (diundur) karena hujan. Wasit yang belibet tentang pembayaran honor (pembayarannya ga jelas boz!!!). Belum lagi panitia basket yang Cuma enam orang anggotanya, sehingga ngebuat mereka harus nonstop empat hari dilapangan tanpa ada yang gantiin. Kasian banget ya!!!

 Lomba yang paling gua sesalin adalah LKBB, kalo gua tau sebelumnya kalo acaranya kaya gini, gua akan buat acara ini jadi lebih meriah.

Pas dipertengahan perjalanan saat gua udah ngerasa baikan sama sonlis, ternyata ada teman lain yang dulunya semangat banget melebihi gua jadi berbalik arah. Gua gak ngerti (titik).  Ada juga yang gua kira baik hubungannya selalu, menjadi sama kaya gua pas dulu kala yang gua udah seimbangin sekarang.

Dari kelima lomba LYNX, banyak yang harus dievaluasi. Cukup nyesel juga karena kerja gua setengah-setengah, gak full ngejalanin semuanya. Jujur ada hal yang mengganjal yang ngebuat gua buta dengan acara ini.

Gua bangga banget jadi bagian dari SONLIS 2012. Pas penutupan semua kekesalan sebelumnya gua ilangin. Gua isi pake yang enjoy dan gua senyum mulu pas Closing itu. Tapi disisi lain gua ngeliat bph lain Cemberut (uaahahahaha gua ketawa sendiri waktu itu). Entah apa masalah mereka sehingga acara yang udah selesai ini jadi beban tersendiri. Gua naek ke panggung saat penyerahan hadiah (bareng badut LYNX). Terus acaranya dilanjutin pake video. Videonya bikin gua terharu, inget sama semua perjuangan yang udah dilakuin. Setelah ditutup semuanya senang gak ada lagi yang kesel tapi ada aja yang nangis terharu. Para EO Sains, jurnalistik, bahasa berpelukan, seneng banget sonlis udah selese, Cuma EO seni budaya olahraga yang engga ikutan pelukan(sial!!!).

Semua hal yang bikin gua kesel semuanya menjadi hikmah dan bikin gua geregetan untuk memperbaiki semuanya.

Freestyle, joget atau apalah itu beraksi
Supernova ditunjuk buat tampil pas nanti opening SONLIS si Rosyad dan gua dan huda iya aja. Ya sudahlah kami jalani semua. Langsung lah kami menyusun gerakan aneh (Rosyad deh yang kebanyakan buat). Menyusun musiknya dan mencocokan gerakannya dengan music.

Seminggu sebelum Opening barulah kita latihan secara intensif. Hampir setiap sore seperti biasa kita latihan di living room lantai satu. Ampe adzan maghrib datang, aroma living room jadi berubah. Terkadang habis isya ampe malem-malem pun kami latihan sampai guru asrama menyuruh kami istirahat tapi lebih sering sampai kami tertidur di situ. Sempet ada selek diantara kami karena ketidak komitmenan sesorang buat latihan.

Di hari Opening Sonlis 2012,  gua, rosyad dan huda bergoyang, menutup acara opening SONLIS 2012 yang sempet di cap bosen sebelumnya oleh beberapa orang. Rosyad berhasil membuat cewek-cewek berteriak, huda sukses membuat cowo-cowo juga teriak, dan gua sukses membuat penonton diam. Hari ini kami sukses membuat peserta punya feel awal di  SONLIS 2012.

Closingnya kami diminta lagi, tapi kami cukup ragu karena Cuma ada waktu satu minggu untuk latihan. Kami tetap menerimanya. Kini bukan gua, rosyad dan huda doang yang bakal joget. Kami nambah orang untuk ikut joget kelak; ada, dino, rifai, dinyo, barqi (si ganteng), baju (bayu). Memang gak sematang opening persiapannya tapi kami yakin Bisa.

Kita latihan ampe larut malam, ada yang besoknya ulangan. Huft… kali ini kita dominan ke shuffling, kalo pas opening rata, antara shuffling, robot dan aliran dancenya si rosyad (gatau namanya) yang didapat dari internet.

Closing tiba dan kita berjoget. Suasananya enak pas opening, lebih rame bro. terus pas opening juga semuanya masih seger dan bertenaga. Tapi cukup kerenlah.

Intinya gua seneng sama SONLIS 2012. Yang gua liat ini cerminan dari Moment 13:44. Bisa dibandingkan dech. SONLIS 2012 hampir bikin gua mengulang perasaan gua kaya pas moment 13:44. Mantab dah!!! Semoga Sonlis selanjutnya habis SONLIS 2012 bisa lebih baik dan ngasih kejutan yang lebih kewren dari ini. Gua tungguin dah.

NB: Tentang Sonlis 2012 ada yang lebih lengkap infonya di blog lain yang ikut lomba JOTS.